Menengok Padang Gumuk Pasir Seperti di Mesir
31 May

Menengok Padang Gumuk Pasir Seperti di Mesir

Gumuk Pasir – Sepertinya Kota Jogja tak pernah kehabisan akal dalam menyediakan destinasi menarik yang patut dikunjungi. Nah, akhir-akhir ini ada sebuah destinasi wisata baru bertemakan padang pasir layaknya sebuah gurun yang ada di negara-negara bagian tengah. Ya, wisata Gumuk Pasir Pantai Parangkusomo ini menjadi satu destinasi baru yang cukup menyita publik dengan keindahan hamparan pasir yang begitu luas.

Gumuk Pasir - Photo by @masmeya

Gumuk Pasir – Photo by @masmeya

Jika kalian pernah berkunjung ke Pantai Parangkusumo Bantul, tentu sudah tak asing dengan lokasi yang satu ini. Dimana wisata Gumuk Pasir membentang dari muara Sungai Opak hingga menuju ke Pantai Parangtritis. Sedangkan untuk letaknya sendiri berada antara pantai Depok dan Pantai Parangtritis. Dari situ, tentu sudah dapat dibayangkan ya guys, berapa luas lokasi Gumuk Pasir ini?

Sebelum dijadikan lokasi wisata, Gumuk Pasir dulunya hanyalah sebuah hamparan pasir yang cukup luas akibat fenomena alam yang terjadi. Gundukan pasir yang ada disini merupakan material bawaan dari letusan Gunung Merapi tahun 2010 silam yang terbawa arus dari Sungai Progo, Sungai Opak, dan beberapa sungai lainnya. Setelah bertahun-tahun abu vulkanik ini terus bergerus oleh gelombang laut hingga terkikis membentuk butiran pasir yang sangat halus.

Selain menawarkan keindahan bak padang pasir yang begitu indah, Gumuk Pasir Jogja beberapa kali juga dijadikan sebagai lokasi syuting film. Tempat ini juga rekomended banget untuk kalian yang hobby hunting. Kalian bisa mengambil spot-spot terbaik untuk berfoto, selain itu keindahan sunrise dan sunset di Gumuk Pasir ini juga banyak diburu lho guys. Jadi jangan sampai kelewatan ya.

Gumuk Pasir - Photo by @mrizalfrmnsyh_

Gumuk Pasir – Photo by @mrizalfrmnsyh_

Lokasi Gumuk Pasir

Nah, untuk kalian yang ingin kesana dalam waktu dekat ini, maka cukup mudah kok mencari lokasinya. Lokasi Wisata Gumuk Pasir ini berada di Pantai Parangkusomo yang ada di Bantul, Yogyakarta. Jika sebelumnya kalian pernah ke Pantai Parangkusomo atau Pantai Parangtritis, maka akan lebih mudah lagi menemukan lokasi Gumuk Pasir ini.

Rute Gumuk Pasir dari Kota Jogja

Sedangkan untuk rute menuju Gumuk Pasir Yogyakarta ini cukup mudah kok guys. Kalian tinggal dari arah Kota Jogja menuju wisata Pantai Parangtritis. Ikuti jalan lurus ke arah selatan hingga kalian sampai di kawasan pantai. Kira-kira untuk jaraknya sendiri sekitar 35 KM dan dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 – 5 jam.

Gumuk Pasir - Photo by @hnfaziz

Gumuk Pasir – Photo by @hnfaziz

Harga Tiket Masuk Gumuk Pasir

Jika kalian ingin menikmati keindahan yang ada di Gumuk Pasir Pantai Parangtritis ini, maka cukup murah kok untuk harga tiket masuknya. Pengunjung cukup membayar harga tiket masuk Gumuk Pasir sebesar 3.000/orang. Selain itu kalian juga akan dikenakan tarif parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika ingin menyewa fasilitas sandboarding Gumuk Pasir maka cukup tambahkan uang Rp 150.000 saja maka kalian sudah bisa berseluncur dengan puas tanpa ada batasan waktunya.

Artikel Menarik Lainnya

Bukit Isis – Tempat Wisata Favorit di Yogyak... Bukit Isis - Tak hanya Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul saja yang menjadi tujuan utama para wisatawan, melainkan Kabupaten Kulon Progo juga menyuguhk...
Jurang Tembelan – Spot Foto Instagramable di... Jurang Tembelan - Setelah menghampiri Kebun Buah Mangunan dan Bukit Panguk Kadiwung, maka jangan sampai melupakan satu tempat wisata yang lagi hits ju...
Bukit Mojo Gumelem – Wisata Alam NgHits di J... Bukit Mojo Gumelem - Wisata alam terbuka sedang banyak diincar bagi para pengagum foto selfie. Pasalnya, selain menawarkan keindahan yang begitu enak ...
Rona Senja di Puncak Becici Jogja Puncak Becici - Indonesia yang kaya akan periwisatanya membuat banyak orang berbondong-bondong mengunjungi berbagai destinasi wisata terbaik yang ada....
, , , , , ,

Comments (No Responses )

No comments yet.

© 2018 PT Juang Daya Utama (JDTrans Wisata). All Rights Reserved